Peringatan World Stroke Day 2022

Peringatan World Stroke Day 2022

World Stroke Day 2022

Stroke bukan lagi sebuah istilah asing dalam masyarakat awam. Namun demikian, pengetahuan terkait stroke, seperti gejala yang terjadi maupun hal yang perlu dilakukan bila menemui kondisi tersebut, tidak sepenuhnya dipahami. Hingga saat ini, stroke masih menjadi penyebab kecacatan dan kematian yang tinggi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Oleh karena pentingnya kewaspadaan terhadap penyakit stroke serta dalam rangka memperingati hari “stroke sedunia” yang jatuh pada tanggal 29 Oktober setiap tahunnya, Departemen/SMF Neurologi FK Udayana/RSUP Prof I.G.N.G. Ngoerah bekerjasama dengan Perdossi cabang Denpasar kembali melakukan rangkaian acara World Stroke Day yang mengusung tema Recognize, Care & Protect “Save Precious Time”.  

Rangkaian acara dimulai dengan penyuluhan tentang stroke pada tanggal 05 Oktober 2022 di ruang tunggu poliklinik RSUP Sanglah oleh dr.Wulan sebagai perwakilan dokter residen neurologi. Penyuluhan ini menyasar masyarakat awam yang berkunjung ke RS dan tampak antusiasme seluruh peserta dalam sesi tanya jawab.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan Talkshow on-air Ngusik (Ngobrol untuk Sehat dengan Gaya Asyik) dengan tema “Waktu yang Berharga” bersama dr. I.B. Kusuma Putra, Sp.S(K), dr. Ida Ayu Sri Indrayani, Sp.S(K), dan dr. Restu pada 28 Oktober 2022. Kegiatan yang turut bekerjasama dengan PKRS Prof. Ngoerah ini, mencoba mendekatkan diri dengan masyarakat melalui media secara daring. Kegiatan ini juga dapat diakses melalui media youtube sehingga memperbesar sebaran informasi kepada masyarakat.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan tahun ini disertai dengan kegiatan Fun bike yang dipelopori oleh kelompok NCC (Neuroudayana Cycling Club). Dalam kegiatan ini, para anggota NCC dengan dr. I Komang Arimbawa, Sp.S(K), dr.Ni Ketut Ayu Sudiarini, Sp.N, dr. IGN Putra Martin Widanta, M.Biomed, Sp.N, dam dr. Nyoman Angga Krishna Pramana, Sp.N, FINR, FINA melaksanakan perjalanan bersepeda dari Denpasar menuju pantai Kuta dengan membawa spanduk bertema Recognize, Care & Protect “Save Precious Time” dan membagikan leaflet mengenai pengetahuan umum tentang stroke.

Selanjutnya di hari yang sama pada 29 Oktober 2022, dilakukan penyuluhan di Banjar Tegal Baler Geriya. Kegiatan diawali dengan pemberian materi terkait waktu yang berharga pada stroke oleh dr. I.B. Kusuma Putra, Sp.S(K), kemudian dilanjutkan oleh pemeriksaan dan konsultasi gratis untuk masyarakat area Banjar. Dalam kegiatan ini, didapatkan antusiasme yang tinggi dan seyogyanya meningkatkan pengetahuan umum masyarakat terkait stroke.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published.