Penyuluhan & Pemeriksaan Kognitif serta Gangguan Tidur pada Lansia

Penyuluhan, Senam Vitalisasi Otak, Pemeriksaan Kognitif, dan Gangguan Tidur pada Lansia . Program Udayana Mengabdi (PUM) 22

Neurobehavior adalah bidang neurologi yang mempelajari dasar neurologis dari perilaku, memori, dan kognisi, serta dampak dari kerusakan saraf dan penyakit pada fungsi-fungsi ini. Ganguan memori adalah suatu keadaan dimana pasien tidak mampu untuk mempelajari informasi baru atau untuk memanggil kembali informasi yang sudah didapat sebelumnya. Hampir seluruh pasien demensia menujukkan gangguan memori pada awal gejala timbulnya penyakit.

Begitu pula dengan gangguan tidur yang belum banyak dikenal, sehingga masyarakat jarang mencari pertolongan medis bila mengalami masalah. Setiap tahun 20% orang dewasa melaporkan adanya gangguan tidur, dimana pada lansia cukup tinggi sekitar 40 – 60%. Gangguan tidur sering diderita lansia dengan depresi, stroke, penyakit jantung, penyakit paru, diabetes, artritis, dan hipertensi.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang gejala- gejala yang dapat terjadi apabila sudah ada gangguan dari kondisi tersebut. Kegiatan ini dilakukan dengan sasaran lansia yang berada di puskesmas II Denpasar Barat. Kegiatan dilakukan pada tanggal 17 september 2021, dengan pembicara Dr. dr. Ketut Widyastuti, Sp.S(K) dan dr. A. A. Ayu Suryapraba, Sp.S(K). Kegiatan meliputi penyuluhan , senam vitalisasi , serta screening untuk mengetahui adanya gangguan di bidang Neurobehavior.

 

Sambutan Dr.dr. Ketut Widyastuti, Sp S ( K ) selaku Ketua penyelenggara kegiatan Pengabdian Masyarakat

 

Penyuluhan Materi I oleh Dr.dr. Ketut Widyastuti, Sp S( K)

 

Penyuluhan Materi II oleh dr. A.A.Ayu Suryapraba, Sp S ( K )

 

Sesi Tanya jawab dari para Peserta Lansia

 

Screening Gangguan Kognitif pada peserta Lansia

 

Pemberian makanan Kepada peserta Lansia

 

Pihak Puskesmas dan Panitia Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *