Perayaan HUT RSUP Sanglah ke-61: “Sinergi Hadapi Pandemi untuk Negeri”

Perayaan HUT RSUP Sanglah ke-61: "Sinergi Hadapi Pandemi untuk Negeri" 19

Perayaan hari ulang tahun RSUP Sanglah dari tahun ke tahun selalu diadakan secara meriah dengan berbagai rangkaian acara dan lomba. Berbeda untuk tahun 2020 ini, yaitu saat pandemi COVID-19 melanda, sulit rasanya untuk melakukan perayaan ini dengan melibatkan banyak orang. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat bagi Dep/KSM Neurologi FK Unud/RSUP Sanglah yang ditunjuk sebagai panitia pelaksana. Dengan mengusung tema ‘Sinergi Hadapi Pandemi untuk Negeri’, panitia pelaksana yang diketuai oleh dr. I Komang Arimbawa, Sp.S(K) telah berhasil menyusun rangkaian kegiatan ini dengan tetap memenuhi protokol kesehatan yang ada.

Peresmian rangkaian acara untuk menyambut HUT RSUP Sanglah yang ke-61 dimulai dengan Upacara pembukaan yang diadakan secara offline dan disiarkan juga daring melalui akun youtube dan instagram pada Jumat, 13 November 2020 diikuti dengan pelepasan balon dan senam Sad Kerthi Loka Bali. Pelepasan balon sebagai penanda rangkaian acara untuk memperingati HUT RSUP Sanglah yang ke 61 resmi dibuka.

Rangkaian acara perayaan HUT RSUP Sanglah ke-61 diawali dengan Technical meeting pada tanggal 16 November 2020 yang diadakan via daring bagi seluruh peserta lomba. Adapun perlombaan yang dilaksanakan diantaranya:  lomba catur online, kebersihan ruangan, e-poster, karaoke, video pendek, utsawa dharma gita, fotografi, gebogan, umbul-umbul dan senam. Selain perlombaan acara HUT kali ini juga menghadirkan beberapa webinar dengan topik-topik yang menarik diantaranya webinar pada tanggal 23 November 2020 kerjasama dengan Departemen/ KSM Ilmu Kesehatan Anak yang mengambil judul: Keep Happy, Harmony, and Productive in Crisis. Rangkaian webinar ini diikuti dengan acara webinar pada tanggal 25 November 2020 yang mengambil judul “Covid-19 dalam Berbagai Aspek Kesehatan”.

Bersamaan dengan webinar yang membahas Covid-19 dalam berbagai aspek, rangkaian perlombaan juga dimulai yakni dengan Lomba Catur online yang berlangsung selama 2 hari pada tangga 25-26 November 2020. Meskipun terdengar sebagai suatu hal yang baru catur online ini diikuti oleh cukup banyak peserta lomba. Diantara rangkaian lomba yang diadakan tidak lupa di era pandemi ini kita diingatkan untuk tetap berbagi yakni dengan diadakannya kunjungan ke adik-adik kita di Panti Asuhan Sunya Giri dan kakek-nenek di Panti Wredha Wana Seraya pada tanggal 1-2 Desember 2020. Selanjutnya pada tanggal 2 Desember 2020 juga diadakan lomba e-poster yang diikuti seluruh KSM/Departemen dengan berbagai judul dan kasus menarik. Pada perlombaan ini dihadirkan 3 juri yang menilai secara online paparan e-poster yang ditampilkan.

Rangkain webinar keagamaan via daring berlanjut kembali pada tanggal 3 Desember 2020. Namun kali ini berbeda yakni dengan menghadirkan Dirjen Bimas Hindu sebagai pembicara mengundang antusias masyarakat untuk mengetahui dan menambah wawasan mengenai “Pandemi menurut Theologi Hindu”. Webinar selanjutnya dengan menggandeng KSM/Departemen Penyakit Dalam dengan mengambil materi mengenai Osteoporosis pada tanggal 13 dan 20 Desember 2020.

Setelah rangkaian webinar ini, perlombaan yang ditunggu-tunggu yakni lomba karaoke pun dimulai di tanggal 4 Desember 2020. Menghadirkan 3 juri kompeten lomba karaoke kali ini berbeda dari biasanya, peserta mengirimkan video mereka bernyanyi dan dinilai secara langsung oleh juri serta disiarkan live melalui akun youtube Sanglah Hospital Bali. Lomba ini berlangsung meriah yang nampak dari ratusan penonton live di youtube selama acara berlangsung. Di sisi lain perlombaan dilanjutkan dengan pameran karya lomba fotografi di sepanjang koridor IBS RSUP Sanglah menambah semarak adanya perayaan HUT RSUP Sanglah ke 61. Dengan mengambil tema “Kemanusiaan dalam Masa Pandemi” terlihat berbagai karya foto yang bercerita melalui gambar yang diabadikan dalam suatu foto estetik. Pameran karya ini berlangsung mulai tanggal 7-21 Desember 2020. Selain karya foto, lomba video pendek juga sudah mulai di tampilkan baik di akun youtube dan instagram yang penilaiannya berlangsung hingga tanggal 21 Desember 2020. Selain dilombakan, video pendek ini juga diperuntukkan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat agar jangan lalai untuk tetap mengikuti protokol kesehatan di era pandemi ini.

Seperti kata pepatah “Bersih Pangkal Sehat”, hal ini juga turut dilombakan dalam rangkaian acara HUT RSUP Sanglah yang ke 61. Penilaian kebersihan ruangan di seluruh area Rumah Sakit berlangsung mulai tanggal 1-8 Desember 2020. Seluruh anggota tiap ruangan bergotong royong untuk membersihkan.  Selain meningkatkan semangat untuk hidup bersih dan sehat, tidak lupa untuk tetap melestarikan budaya Bali terutama budaya yang erat kaitannya dengan acara keagamaan Hindu. Lomba Utsawa dharma gita serta lomba gebogan dilaksanakan dengan antusias banyak peserta dan dinilai secara langsung oleh juri pada tanggal  11 Desember 2020 dan 16 Desember 2020.

Rangkaian lomba semakin meriah dengan di pasangnya karya umbul-umbul pada tanggal 16-30 Desember 2020 di lapangan parkir RSUP Sanglah. Selama pandemi diharapkan agar kita tetap menjaga imunitas tubuh, salah satunya dengan berolahraga. Rangkaian acara lomba juga menghadirkan perlombaan senam yang diikuti seluruh KSM dan Instalasi di area RSUP Sanglah. Pendukung online dengan antusias memberikan komentar pada saat acara lomba ini yang disiarkan live pada youtube.

Era pandemi membuat masyarakat menjadi takut untuk ke dokter, terutama ke rumah sakit rujukan covid yakni salah satunya RSUP Sanglah.  Hal ini mengakibatkan menurunnya angka pendonor untuk ketersediaan darah di rumah sakit, padahal setiap harinya banyak pasien yang memerlukannya. Dengan mengangkat tema ” Setetes Darah, Berjuta Harapan” rangkaian acara HUT RSUP Sanglah mengajak untuk mendonorkan darah pada tanggal 21-22 Desember 2020 pada ruang latihan lingkup internal Sanglah. Acara donor darah ini menutup serangkaian acara dalam menyambut HUT RSUP Sanglah yang ke 61.

Rangkaian acara HUT RSUP Sanglah diakhiri dengan Upacara Bendera dengan perangkat upacara dari Departemen/ KSM Neurologi  pada tanggal 30 Desember 2020. Acara ini merupakan puncak acara sekaligus menutup rangkaian acara yang sudah berlangsung selama kurang lebih 1,5  bulan. Selain itu juga diumumkan juara dari masing-masing lomba yang sudah diadakan.

Demikianlah rangkaian perayaan acara Hari Ulang Tahun RSUP Sanglah yang ke 61. Sekali lagi kami mengucapkan selamat ulang tahun untuk RSUP Sanglah yang ke-61, semoga bisa selalu menjadi Rumah Sakit terdepan dan bermanfaat bagi masyarakat banyak, Jaya Selalu! Sampai jumpa di acara HUT RSUP Sanglah berikutnya.

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *